photo lineviral_1.png

Pendamping RAPOR (Instrumen Daftar Nilai)

PANDUAN PENGGUNAAN INSTRUMEN
DAFTAR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


1.    Instrumen ini berguna untuk mengumpulkan data pencapaian hasil belajar peserta didik harian, tengah semester dan akhir semester secara manual sebagai dasar pengolahan nilai rapor deskriptif

2.    Daftar Pencapaian Hasil belajar peserta didik meliputi;
       a. Daftar nilai Sikap spiritual
       b. Daftar nilai Sikap Sosial
       c. Daftar nilai aspek Pengetahuan
       d. Daftar nilai aspek keterampilan
 

3.    Ketentuan Daftar Pencapaian Hasil Belajar Sikap Spiritual dan Sosial
      a. Daftar nilai sikap spiritual dan sosial dipergunakan untuk mencatat kesimpulan hasil observasi melalui jurnal sikap spiritual dan sosial peserta didik
     b. Predikat nilai yang dimasukan ke dalam kolom daftar penilaian berupa predikat
          - PB = Perlu Bimbingan
          - B  = Baik
          - SB = Sangat Baik
      c. Penilaian diri dan Penilaian antar teman tidak berpegaruh  karena bersifat konfirmatif

4.    Ketentuan Daftar Pencapaian Hasil Belajar Aspek Pengetahuan .
     a. Daftar Nilai aspek pengetahuan dipergunakan untuk mencatat data perkembangan nilai kognitif
     b. Daftar Penilaian pengetahuan di input setelah melalui proses analisis serta kegiatan perbaikan
         dan pengayaan pembelajaran
    c. Daftar pencapaian hasil belajar aspek pengetahuan  terdiri dari daftar pencapaian hasil belajar tematik yang meliputi muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PJOK, dan Daftar pencapaian hasil belajar mata pelajaran Non tematik yang terdiri dari kelompok mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab, dan Muatan Lokal serta Pencapain hasil belajar  setiap mata pelajaran  tematik
    d. Daftar pencapaian hasil belajar  Penilaian Tengah Semester (PAS) , dan Penilaian Akhir Semester diinput pada format Daftar nilai setiap mata pelajaran bik yang tematik maupun non tematik.
    e. Daftar nilai PTS dan PAS tematik dipergunakan untuk membantu input daftar nilai jika Madrasah melaksanakan penilaian PTS dan PAS menggunakan pendekatan tematik.

5.    Ketentuan Daftar pencapaian hasil pembelajaran aspek keterampilan
    a. Daftar nilai keterampilan merupakan rekapitulasi dari pengolahan rubrik penilaian keterampilan yang diinput berdasarkan nilai optimal dari rubrik penilaian keterampilan
    b. Daftar penilaian menggunakan bilangan bulat dengan rentang nilai 0-100

6.    Pengolahan Hasil penilaian akhir dibantu menggunakan aplikasi pengolah Pencapaian Hasil belajar siswa ( Rapor)



Bagi yang membutuhkan silahkan klik tulisan dibawah

JURNAL PERKEMBANGAN SIKAP SPIRITUA1.pdf
LEMBAR OBSERVASI SIKAP SPIRITUA1.pdf

TEMA KELAS 1.pdf
TEMA KELAS 2.pdf
TEMA KELAS 3.pdf
TEMA KELAS 4.pdf
TEMA KELAS 5.pdf
TEMA KELAS 6.pdf



DAFTAR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Pendamping RAPOR (Instrumen Daftar Nilai)





SALAM

Sumber https://www.duniamadrasah.web.id
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close