Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2
Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2 - Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut:
Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat menggunakan silabus mata pelajaran PJOK sebagai pencetus ide dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.
Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan fisik dan gerak, serta kebugaran jasmani yang dapat digunakan untuk aktivitas hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan bakat dan minat berolahraga, hidup sehat dan aktif sepanjang hayat yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kerja sama, sportif, tanggung jawab, dan jujur, serta kearifan lokal yang relevan.
Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI terdiri atas:
Lebih jelas tentang Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2 selengkapnya dapat di unduh pada tautan link unduhan berikut ini :
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.
Download juga:
Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat menggunakan silabus mata pelajaran PJOK sebagai pencetus ide dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.
![]() |
Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2 |
Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut:
- Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
- Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan/membentuk kompetensi tersebut
- Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat menggunakan silabus mata pelajaran PJOK sebagai pencetus ide dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.
Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan fisik dan gerak, serta kebugaran jasmani yang dapat digunakan untuk aktivitas hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan bakat dan minat berolahraga, hidup sehat dan aktif sepanjang hayat yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kerja sama, sportif, tanggung jawab, dan jujur, serta kearifan lokal yang relevan.
Ruang lingkup materi mata pelajaran PJOK untuk SD/MI terdiri atas:
- Gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif
- Aktivitas permainan bola besar dan bola kecil
- Aktivitas atletik
- Aktivitas beladiri
- Aktivitas pengembangan kebugaran jasmani
- Aktivitas senam
- Aktivitas gerak berirama
- Aktivitas air dan keselamatan diri
- Kesehatan
Lebih jelas tentang Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2 selengkapnya dapat di unduh pada tautan link unduhan berikut ini :
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 1 Semester 2.docx
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 2 Semester 2.docx
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 3 Semester 2.docx
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 4 Semester 2.docx
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 5 Semester 2.docx
Link Download: Silabus PJOK SD Kelas 6 Semester 2.docxSilabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat danpengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan.
Download juga:
- PROSEM Mapel PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2
- Kisi Kisi UN SMP MTs SMPLB Tahun 2019
- RPP Matematika Kurtilas SD/MI Kelas 4 Semester 2
- Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMA SMALB Tahun 2019
- Kisi-Kisi UN SMK, MAK dan Paket B-C Tahun 2019
- Daftar Nilai PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI
- Kisi-Kisi Penilaian PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2
Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.
Bagi sekolah yang tidak memiliki guru mata pelajaran PJOK, maka penyusunan perencanaan pembelajaran merujuk pada Silabus Tematik Terpadu SD/MI yang telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi sekolah yang memiliki guru mata pelajaran PJOK maka dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dapat menggunakan silabus mata pelajaran PJOK sebagai pencetus ide dan memperkayanya di dalam menyusun RPP.
Demikian ulasan singkat materi Silabus PJOK K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 2 semoga dengan kami bagikan materi ini akan menjadikan kemudahan, kelengkapan guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) khususnya di jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI).
Sumber http://fileledukasi.blogspot.com/
Buat lebih berguna, kongsi: