photo lineviral_1.png

RPP Kelas 1 SD/MI Tema 5-6-7-8 K13 Edisi Semester 2

RPP Kelas 1 SD/MI Tema 5-6-7-8 K13 Edisi Semester 2

RPP Kelas 1 SD/MI Tema 5-6-7-8 K13 Edisi Semester 2 - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. 
Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas. 

Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media dan sumber belajar. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengembangan silabus untuk pembelajaran yang lebih baik.

Silabus adalah suatau rencana yang mengatur kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta penilaian hasil belajar dari suatu mata kuliah. Silabus ini merupakan bagian dari kurikulum sebagai penjabaran standar kompetensi ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar. 

Dengan demikian pengembangan silabus ini minimal harus mampu menjawab apakah yang harus dimiliki oleh peserta didik, bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut, dan bagaimana cara mengetahui bahwa peserta didik telah memiliki kompetensi itu. 

Silabus akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar karena berisi petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus dipelajari oleh peserta didik. Selain itu, juga menerangkan tentang kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan dalam proses pembelajaran kepada peserta didik. 

Dengan berpedoman pada silabus diharapkan pengajaran akan dapat mengajar lebih baik, tanpa khawatir akan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, akan keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya.

Rumusan rencana pelaksanaan pembelajaran / RPP berfungsi untuk:

  1. Memperkirakan tindakan yang akan dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran.
  2. Pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  3. Membantu mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran.
  4. Fungsi perencanaan yang menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang matang.
  5. Fungsi pelaksanaan, rencana pelaksanaan pembelajaran harus disusun secara sistemik dan sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam situasi pembelajaran yang aktual.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembanganrencana pelaksanaan pembelajaran antara lain sebagai berikut:

  1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
  2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  4. Memberikan umpan balik atau tindak lanjut.
  5. Keterkaitan dan ketrpaduan.
  6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
  7. Langkah-Langkah Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Langkah-langkah minimal dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajran (RPP) dimulai dari mencantumkan identitas RPP, Tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajara dan penilaian, Setiap komponen mempunyai arah pengembangan masing-masing, namun semua merupakan satu kesatuan.

  1. Mencantumkan Identitas; Terdiri dari: Nama Sekolah, Mata Pelajaran, Kelas, Semester, Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator dan Alokasi Waktu.
  2. Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah:
  3. RPP boleh disusun untuk satu kompetensi dasar
  4. Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dikutip dari silabus
  5. Indikator merupakan:

  • Ciri perilaku (bukti terukur) yang dapat memberikan gambaran bahwa peserta didik telah mencapai kompetensi dasar.
  • Penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandaioleh perubahan perilaku yang dapat diukur yaitu mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  • Dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik satuan pendidikan, dan potensi daerah.
  • Rumusannya menggunakan kerja operasional yang terukur dan atau dapat diobservasi.
  • Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Pemilihan penyusunan RPP lainnya meliputi:

  1. Alokasi waktu diperhitungkan untuk pencapaian satu kompetensi dasar, dinyatakan dalam jam pelajaran dan banyaknya pertemuan (contoh: 2×45 menit). Karena itu, waktu untuk mencapai suatu kompetensi dasar dapat diperhitungkan dalam satu atau beberapa kali pertemuan bergantung pada kompetensi dasarnya.
  2. Merumuskan Tujuan Pembelajaran; Hasil langsung (output) dari satu paket kegiatan pembelajaran. Misalnya ” Mendeskripsikan sejarah perjuangan Rasulullah di Madinah”.
  3. Menentukan Materi Pembelajaran; Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat diacu dari indikator.
  4. Menentukan Metode Pembelajaran; Metode dapat diartikan benar-benar sebagai metode, tetapi dapat pula diartikan sebagai model atau pendekatan pembelajaran, bergantung pada karakteristik pendekatan dan strategi yang dipilih.
  5. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran; Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah- langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan atau pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
  6. Langkah-langkah pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan, dan sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih.
  7. Memilih Sumber Belajar; Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajar silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus di cantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
  8. Menentukan Penilaian; Penilaian dijabarkan atas teknik penilaian, bentuk instrumen, dan instrumen yang dipakai.
  1. RPP Tema 5 Kelas 1 SD/MI Semester 2 K13 Revisi ( Klik LINK DOWNLOADNYA )
  2. RPP Tema 6 Kelas 1 SD/MI Semester 2 K13 Revisi ( Klik LINK DOWNLOADNYA )
  3. RPP Tema 7 Kelas 1 SD/MI Semester 2 K13 Revisi ( Klik LINK DOWNLOADNYA )
  4. RPP Tema 8 Kelas 1 SD/MI Semester 2 K13 Revisi ( Klik LINK DOWNLOADNYA )
Demikian ulasan singkat materi RPP Kelas 1 SD/MI Tema 5-6-7-8 K13 Edisi Semester 2 semoga bermanfaat dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi di media ini.

Sumber http://fileledukasi.blogspot.com/
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close