photo lineviral_1.png

[pdf] Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak

Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak

Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak - Bagi bangsa Indonesia, agama merupakan sesuatu yang urgen dan menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari-hari. Dari perspektif historis, masyarakat Nusantara dari dahulu dikenal oleh masyarakat internasional sebagai masyarakat religius. Dengan demikian, sekalipun bukan Negara Agama,  Indonesia meletakkan agama sebagai sesuatu yang sangat penting. Bahkan, sila pertama Pancasila sebagai dasar negara berbunyi: Ketuhanan Yang Maha Esa. Dari pemahaman di atas, dapat dipahami bahwa Negara Indonesia dibangun di atas pondasi religiusitas masyarakatnya.
 agama merupakan sesuatu yang urgen dan menjadi bagian integral dalam kehidupan sehari [pdf] Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak
Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak
Menyadari pentingnya posisi agama dalam kehidupan bangsa Indonesia, maka dalam Pasal 31 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Dari amanat perundang-undangan sebagaimana di atas, maka pendidikan agama menempati posisi penting dalam konfigurasi sistem kurikulum nasional. Mata pelajaran agama wajib diberikan kepada peserta didik,  dari jenjang Taman kanak-kanak (TK) sampai Perguruan Tinggi (PT), baik untuk jenjang pendidikan madrasah maupun sekolah. Meskipun demikian, tampaknya pendidikan agama sejauh ini hasilnya  masih jauh dari harapan. Pendidikan Agama masih belum mampu mengangkat moralitas bangsa. Bahkan, ajaran agama yang mestinya menjadi dorongan dan semangat untuk beretos kerja yang tinggi dan berperilaku tertib serta disiplin, ternyata belum sepenuhnya mampu menjawab persoalan tersebut.

Kondisi yang demikian tentunya menjadi dorongan sekaligus tantangan khususnya bagi guru rumpun/mata pelajaran agama untuk selalu membenahi diri dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menanamkan nilai-nilai ajaran agama secara efektif kepada peserta didiknya. Mengingat mengajar agama kepada anak mempunyai karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya, maka guru perlu memahami strategi pembelajaran dengan menyesuaikan dengan karakteristik rumpun mata pelajaran atau materinya. Di sisi lain, orientasi pendidikan agama bukan saja menekankan pada tingkat kecerdasan (IQ) anak semata, namun yang lebih penting adalah menanamkan aspek-aspek kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan emosional (EQ) anak secara simultan. Oleh karena itu, guru agama harus mampu merumuskan model pembelajaran yang efektif sehingga mampu mengembangkan kecerdasan anak secara jamak.

Pendidikan Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah sebagai bagian integral dari pendidikan Agama, memang bukan satu – satunya faktor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik. Tetapi secara substansial mata pelajaran Aqidah Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktekan nila-nilai keyakinan keagamaan (tauhid) dan Akhlakul karimah dalam kehidupan sehari – hari. Mata pelajaran PAI dicantumkan dalam struktur kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) madrasah tsanawiyah (MTs/SMP) yang penggunaannya ditetapkan berdasarkan Permen Nomor 24 Tahun 2006.

Pendidikan Aqidah Akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengiamani Allah SWT, dan merealisasikannya dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan sehari – hari melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan kebiasaan. Dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dalam bidang keagamaan, pendidikan ini juga diarahkan pada peneguhan aqidah di satu sisi dan peningkatan toleransi serta saling menghormati dengan penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa.

Download pula materi pendalaman:
Pendalaman Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Pendalaman Materi Al-qur'an Hadist
Pendalaman Materi Fikih
Mata pelajaran Aqidah Akhlak bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam Akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang aqidah dan akhlak Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah Swt, serta beraklak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah berfungsi untuk : 
  • (a) Penanaman nilai dan ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagian hidup di dunia dan akhirat ; 
  • (b) Penegukahan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, serta pengembangan akhlak mulia peserta didik secara optimal mungkin, melanjutkan pendidikan yang telah lebih dahulu dilaksanakan dalam keluarga; 
  • (c) Penyesuaian menyatu dan diri peserta didik terhadap lingkungan fisik dan social dengan bekal Aqidah Akhlak; 
  • (d) Perbaikan masalah – masalah, kelemahan – kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari – hari; 
  • (e) Pencegahan peserta didik dari hal – hak negatif dari lingkungannya atau dari budaya asing yang dihadapinya sehari – hari; 
  • (f) Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan Akhlak, serta sistem fungsionalnya; (g) Pembekalan peserta didik untuk mendalami Aqidah Akhlak pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) berisi bahan pelajaran yang dapat mengarahkan pada pencapaian kemampuan dasar peserta didik untuk dapat memahami rukun iman dengan sederhana serta pengamalan dan pembiasan berakhlak islam secara sederhana, untuk dapat dijadikan landasan perilaku dalam kehidupan sehari – hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya. 
Selengkapnya Download Materi: Modul Materi Akidah Akhlak
Demikian penjelasan materi Modul Pendalaman Materi Aqidah Akhlak semoga bermanfaat.

Sumber http://fileledukasi.blogspot.com/
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close