photo lineviral_1.png

Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs

Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs - Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) mata pelajaran Informatika sudah resmi diterbitkan. Hal ini didasar pada Permendikbud No. 35 dan No. 37 tahun 2019 tentang adanya mapel Informatika yang di implementasikan pada tahun pelajaran 2019/2020 untuk jenjang SMP/MTs dan SMA/MA.

Pengimplementasian mata pelajaran Informatika ditandai dengan adanya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nonor B.20576/Dj.I/Dt.I.I/PP.00/07/2019 tanggal 10 Juli 2019, tentang Implementasi Mapel Informatika Pada MTs dan MA bagi lembaga Madrasah dan Surat dari Direktorat Jenderal Sekolah Dasar dan Menengah nomor 2001/D3/KP/2019 tentang tindak lanjut Implementasi Mapel Informatikan pada SMP dan SMA.

Maka dari itu rilislah secara resmi Kompetensi Inti ( KI ) dan Kompetenis Dasar ( KD ) untuk Mata Pelajaran INFORMATIKA pada jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Berbicara menegani KI dan KD pastinya bapak - ibu ada yang membutuhkan file KI dan KD mapel Informatika untuk proses pembelajaran. Maka dari itu akan membagikanya kepada anda, baik berupa tertulis atau file downloadnya.
Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas  Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs

Baca Juga :


1. KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs


Pada kesempatan kali ini  akan membagikan daftar KI dan KD mapel Informatika khusus untuk kelas 8 SMP/MTs. Selain itu juga kami membagikan file KI dan KD mapel Informatika dalam bentuk file PDF. Adapun daftar KI dan KD mapel Informatika adalah sebagai berikut :

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti 4 (Keterampilan)
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar
Teknologi Informasi dan Komunikasi
3.1 Mengenal fitur lanjut browser.

4.1 Membuat laporan tugas dengan paket office (terpadu).
3.2 Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System, pengelola konten web, sedapat mungkin yang berupa freeware), dan memakai untuk membuat blog.
4.2 Membuat blog untuk menunjang aktivitas siswa, contohnya membuat logbook kegiatan terkait sekolah.


Teknik Komputer
3.3 Memahami fungsi sistem komputer  (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memroses dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya.
4.3.1 Menjelaskan mekanisme di sistem  komputer.
4.3.2 Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit pengolahan logika dan aritmatika).
Analisis Data
3.4 Memahami bahwa setiap aplikasi menyimpan data sesuai representasinya (word-doc, exceltabel, ppt- slides).

4.4 Mengolah data dengan pengolah angka untuk menghilangkan error, menyatakan hubungan, atau memudahkan untuk diproses komputer.


3.5.1 Memahami pengolahan data menggunakan fitur lanjut aplikasi office.
3.5.2 Mengenal model komputasi umum.
4.5 Merancang algoritma untjuk mengotomasi pengumpulan data dan pengolahan data.
Algoritma dan Pemrograman
3.6 Memahami bahwa sebuah program dapat didekomposisi menjadi subprogram.

4.6 Mengimplementasi sebuah program yang memakai atau mengandung sub-program (prosedur, fungsi).
3.7 Memahami persoalan komputasi dan mengusulkan solusinya.
4.7.1 Merancang solusi untuk suatu persoalan dengan mempertimbangkan beberapa keinginan, dan mengetes program untuk memenuhi kepentingan.
4.7.1 Jika dimungkinkan, membuat “robot” yang mampu mengerjakan tugas sederhana dari kit yang disediakan. Catatan : "robot" berupa sistem komputer atau hanya perangkat lunak baik visual ataupun tak ketinggalan.
Dampak Sosial Informatika
3.8 Memahami untung/rugi serta dampak positif/negatif membiarkan informasi menjadi publik, atau private.
4.8 Memilah informasi.

3.9 Memahami dampak jika data dibiarkan dapat diakses publik.
4.9 Mempublikasi informasi publik yang patut.
Berpikir Komputasional (Tematis)
3.10 Computational Thinking untuk persoalan komputasi dan otomasi yang lebih kompleks dari
4.10 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi dan otomasi yang mengandung jejaring, pola, dan
sebelumnya
algoritmik yang lebih kompleks.
Praktik Lintas Bidang (Tematis)
3.11 Cross-Cut Component, Capstone (Integrasi pengetahuan dan keterampilan), Praktek
4.11.1 Fostering computing culture menumbuhkan budaya komputasi lewat berpikir komputasional.
4.11.2 Kolaborasi lewat tematik.
4.11.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problemaproblema lebih kompleks dari sebelumnya yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
4.11.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.11.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
4.11.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
4.11.7 Communicating about computing (mengkomunikasikan informatika) lewat pengungkapan secara lisan maupun tulisan tentang produk TIK yang dihasilkan.

2. Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs


Bagi anda yang mebutuhkan file KI dan KD diatas dalam format PDF, silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini.


Silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan, apabila terdapat link yang mengalami rusak atau error segera hubungi kami melalui kolom kontak atau kolom komentar.

Demkianlah informasi tentang Download KI dan KD Mapel Informatika Kelas 9 SMP/MTs. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar teman - teman dan rekan mengetahuinya. Terima Kasih.

Sumber https://www.emissimpatikazone.com/
Buat lebih berguna, kongsi:

Trending Kini:

close